Senin, 22 November 2010

Standard Kompetensi Pemandu Wisata Panjat Tebing


Sudah hampir setahun FPTI bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan menyiapkan standard kompetensi untuk pemandu wisata panjat tebing.

Standard kompetensi akan berisi kompetensi umum, inti, dan khusus yang wajib dimiliki oleh pemandu wisata yang nanti akan menjadi pemandu wisata panjat tebing. Kompetensi tersebut diperlukan mengingat potensi wisata panjat tebing di Indonesia sangatlah besar yang jika para pemandu tidak dibekali dengan standar kompetensi yang mencukupi bukan tidak mungkin maka pemanduan wisata panjat tebing akan dikuasai oleh pemandu-pemandu dari negri tetangga.

Saat ini standard dimaksud sudah memasuki tahap akhir, diharapkan awal nopember standard sudah dapat masuk ke tahap pra-konvensi dan pada akhir tahun diharapkan dapat dilakukan konvensi, sehingga pada awal tahun 2011 standard telah dapat disyahkan oleh Kementrian Pariwisata dan Kementrian Tenaga Kerja.

Setelah standard kompetensi terbentuk, diharapkan pada tengah tahun 2011 sudah dapat dimulai sertifikasi calon pemandu wisata panjat tebing, yang pada gilirannya akan memacu industri wisata petualangan di tanah air yang sebetulnya mempunyai potensi wisata petualangan sangat fantastis.

source : http://fpti.seacf.org/

0 komentar: